SpeedUp Pad Slim Ice S5 [Review]


Review SpeedUp Pad Slim Ice S5

Enteng di Kantong dan Tangan
Kelebihan utama dari komputer tablet ini adalah desainnya yang ramping, ringan, dan tak menyiksa kantong.
Melempar gadget ke pasar Indonesia sepertinya mudah mengingat banyak orang di sini sedang menggandrungi produk mobile. Namun produsen juga harus memiliki strategi pintar karena konsumen Indonesia sepertinya terbagi antara yang setia dengan produk branded yang mahal dan yang lebih memilih produk lebih murah.
Inilah yang membuat produsen lokal sulit melakukan penetrasi pasar via produknya. Padahal, produk mereka tergolong cukup bagus namun kalah bersaing dengan produk lain yang dijual dengan harga yang murah.
Agaknya kondisi seperti inilah yang memaksa SpeedUp memunculkan komputer tablet Pad Slim Ice S5 yang kali ini tak memakai prosesor Qualcomm demi menekan harganya. Sebagai gantinya ditanamkan CPU AllWinner A13 1 GHz yang dideteksi sebagai “Sun5i”. Inilah SoC turunan A10 yang dikenal irit dan ekonomis sehingga banyak diadopsi komputer tablet murah asal Cina.
Pad Slim Ice (model S5) berlayar 7” ini hadir dalam bentuk ramping (1,1 cm) dan ringan (308 gram). Produk ini terbilang paling ringan di antara jajaran produk SpeedUp. Spesifikasi utama di komputer tablet ini adalah storage internal sebesar 4 GB, baterai berkapasitas 2100 mAh, koneksi Wi-Fi, dan A-GPS. Beberapa fasilitas seperti Bluetooth, kamera belakang, serta fungsi getar sudah dipangkas untuk menekan harga.
Untuk mengakses Internet, Pad Slim hanya mengandalkan koneksi Wi-Fi. Namun, perangkat ini juga mendukung koneksi 3G melalui modem USB terpisah. SpeedUp bekerjasama dengan Telkom agar Pad Slim bisa terkoneksi dengan hotspot Speedy secara gratis selama tiga bulan di seluruh Indonesia. Pihak distributor juga menyediakan sistem Studio 9 yang dibundel pada produk ini. Studio 9 merupakan aplikasi dengan berbagai kandungan seperti e-magazine, lagu, komik, hingga appstore. Ini memudahkan pengguna mendapatkan berbagai materi tanpa banyak membuang waktu.
Jika Anda terbiasa membawa banyak barang, Pad Slim Ice yang ringan dan tipis akan cocok menemani Anda beraktivitas. Sayangnya kapasitas (512 MB) membuat aplikasi dan game berjalan tak secepat kompetitornya yang sudah memiliki RAM 1 GB. Minimnya peranti sensor dan kapasitas baterai juga merupakan kekurangan perangkat ini.
****
Meskipun berjalan dengan kinerja yang kurang prima, SpeedUp Pad Slim Ice sebenarnya sudah mencukupi untuk aneka aktivitas mobile harian. Harga yang terjangkau dan bonus yang disediakan via Telkom tentunya merupakan kompensasi yang cukup menyenangkan.

Hasil Pengujian
Pengujian
Treq A10C
SpeedUp Pad Slim Ice (S5)
Smartbench 2012 – Productivity
513
483
Smartbench 2012 – Games
1924
1535
Quadrant Advanced 2.1
-
2330
Linpack Pro – Single-Thread
15,626 MFLOPS
14,420 MFLOPS
Linpack Pro - Multi-Thread
-
13,934 MFLOPS
NenaMark2
30,1 fps
26,8
*skor makin tinggi makin bagus

Spesifikasi
Prosesor
AllWinner A13 1 GHz (ARM Cortex A8)
RAM
512 MB
Chip grafis
Mali-400MP
Jaringan seluler
Tidak ada
Internal storage
4 GB NAND Flash
Dukungan koneksi nirkabel
Wi-Fi (802.11 b/g/n), A-GPS
Koneksi lain
Port audio 3,5 mm, mini-USB, micro-SD
Kamera
0,3 MP (depan)
Layar
7” / 480x800 pixel (SVGA) Capacitive touchscreen
Bobot
308 gram
Dimensi
19,8x12, 2x1,1 cm
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga (kisaran)*
Rp799.000 (bonus Speedy 3 bulan)
* MLW Telecom, (021) 661-8222; Minggu pertama November 2012



Kamera Depan
Hanya ada kamera depan untuk menangani aktvitas video conference. Kualitas fotonya terlihat standar dan tampak over-exposed.




Pangkas Port
Rangkaian slot I/O untuk jack audio 3,5 mm, micro-SD, dan micro-USB. Agar tak mahal, port mini-HDMI tak disertakan.



Speaker Mono
Penggunaan speaker tunggal seperti ini membuat audio terdengar sekadarnya saja.



Plus
     : Desain nyaman; harga terjangkau; bonus paket hotspot.
Minus : Grafis 3D lamban; tanpa Bluetooth dan kamera belakang; daya baterai kurang.

Skor Penilaian
- Kinerja             : 3,75
- Fasilitas           : 3,75
- Kemudahan     : 4
- Harga               : 5
- Skor total         : 4,05

 
Design by Yuza Cheater | Bloggerized by Free Blogger Templates | Info Terlaris