Ainol Novo 7 Flame [Review]

Hemat dan Melesat
Salah satu komputer tablet dual-core terkencang yang tidak mahal. 
Yang sudah mengidamkan komputer tablet berkinerja cukup kencang namun berdana terbatas biasanya cuma bisa “gigit jari” melihat harga produk merek terkenal. Pasalnya, komputer tablet yang kencang umumnya dirilis dengan harga di atas dua juta rupiah. Terpaksalah pengguna beralih ke komputer tablet nonbranded yang kebanyakan merupakan produk negeri Cina.
Nah, di antara jajaran komputer tablet pendatang ini, kami cukup terpukau oleh kehadiran Ainol Novo 7 Flame/Fire. Produk ini memiliki spesifikasi termasuk lumayan namun tidak mahal.  
Di beberapa forum komputer tablet, seri Novo 7 Flame ternyata juga disukai banyak orang dibandingkan varian Ainol lainnya. Model lain yang serupa dengan Novo 7 Flame adalah Novo 7 Aurora II yang ternyata memiliki spesifikasi serupa. Dengan prosesor dual-core dari Amlogic 8726-MX berkecepatan 1,5 GHz (ARM Cortex A9), kinerja tablet diperkirakan cukup ngebut. Juga terdapat produk yang mirip yakni Tabulet Beat duos yang hadir dengan clock CPU 1,2 GHz.  
Dibandingkan Aurora II, Flame tampil lebih lengkap dengan tambahan koneksi Bluetooth, kamera belakang 5 MP, dan resolusi layar HD 800x1280 pixel. Kerapatan layar ini tergolong paling tinggi di antara komputer tablet 7” lainnya, dan menyaingi Galaxy Tab 7.7 Samsung. Layarnya memakai panel IPS dari LG dengan tampilan cukup bagus dan sudut pandang sebesar 178o. Layar ini juga sanggup menahan tekanan. Selain spesifikasi yang lumayan ngebut ini, desain komputer tablet yang ramping (1,2 cm) dan ringan (338 gram) ini membuat produk ini enak ditenteng/dibawa bepergian.
Berbekal GPU Mali-400MP inti ganda, kemampuan rendering grafis perangkat ini terlihat cukup lumayan. Namun, kinerjanya masih kalah sedikit dibandingkan Tabulet Beat duos yang mengusung chip serupa. Tampaknya, resolusi yang lebih tinggi pada perangkat ini membuat chip grafisnya sedikit kewalahan. Memainkan game HD yang disalurkan ke LCD TV via HDMI juga menyenangkan. Anehnya, tampilan di komputer tablet selalu aktif meski switch dual display kami matikan. Akibatnya pergerakan visual tampak berat.
****
Kekurangan utama perangkat ini terletak pada sensitivitas layar yang kadang memiliki lag. Selain itu, produk ini juga tidak dilengkapi modem 3G internal. Namun, kami cukup puas mencoba Ainol Novo 7 Flame. Menurut kami, komputer tablet ini sudah sangat mencukupi untuk menangani aktivitas komputasi mobile sehari-hari. Daya tahan baterai 5000 mAh-nya juga cukup tahan lama. Dan yang lebih penting, harganya lebih terjangkau dibanding merek populer berspesifikasi setara.

Hasil Pengujian
Pengujian
Tabulet Beat duos
Ainol Novo 7 Flame
Smartbench 2012 – Productivity
2567
2620
Smartbench 2012 – Games
1615
1535
Linpack Pro - Single Thread
19,374 MFLOPS
52,577 MFLOPS
Linpack Pro - Multi Thread
68,066 MFLOPS
81,483 MFLOPS
NenaMark2
36,0 fps
33,1 fps
*skor makin tinggi makin bagus

Spesifikasi
Prosesor
Amlogic 8726-MX 1,5 GHz (dual-core)
RAM
DDR3 1 GB
Chip grafis
Mali-400MP
Jaringan seluler
Tidak ada
Internal storage
16 GB NAND Flash
Wireless
Wi-Fi (802.11 b/g/n), GPS
Koneksi lain
Mini-USB, mini-HDMI, micro-SD
Kamera
2 MP (depan) & 5 MP (belakang)
Layar
7” / 1280x800 pixel (HD) Capacitive touchscreen
Bobot
338 gram
Dimensi
18,8x12, 8x1,2 cm
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga (kisaran)*
Rp1.588.000
* Jakartanotebook.com, (021) 5698-5511; Minggu kedua Oktober 2012 



Perbesar Font 

Jika resolusi layar yang tinggi ini membuat font sulit dilihat, kita bisa memperbesar ukurannya via bagian setting tampilan.





Port I/O
Deretan port yang tersedia di komputer tablet.


Posisi Vertikal 
Letak tombol fisik ini sangat ideal jika komputer tablet digunakan dalam posisi vertikal. Ini memudahkan pengguna melakukan proses screen capture. Namun, letak ini akan merepotkan pengguna kala perangkat dipakai dalam posisi horisontal.

Plus     : Desain nyaman; spesifikasi mantap; layar HD; daya baterai panjang; harga terjangkau.
Minus : Tanpa modem 3G internal; sensor sedikit.

Skor Penilaian
- Kinerja             : 4
- Fasilitas           : 4
- Kemudahan     : 4,25
- Harga               : 4,5
- Skor total         : 4,15

 
Design by Yuza Cheater | Bloggerized by Free Blogger Templates | Info Terlaris