Membuat Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google V2

Pada waktu yang lalu sebenarnya saya sudah sharing tentang Membuat Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google, namun kode tersebut hanya menampilkan satu label saja pada hasil pencarian Google dan hanya tampil di postingan saja, dan untuk halaman statis beadcrumbs-nya tidak tampil. Setelah saya cari kesana kemari di Google, akhirnya saya menemukan kode scriptnya.

Untuk itu kini saya sharing Membuat Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google V2 yang dapat menampilkan semua label (untuk postingan yang mempunyai label lebih dari satu) pada hasil pencarian Google.

Sebenarnya seberapa pentingkah breadcrumbs? Menurut para ahli, konon katanya Google lebih menyukai web atau blog yang mempunyai breadcrumbs. Secara sederhana breadcrumbs adalah menu navigasi suatu dokumen atau postingan dari suatu web atau blog. Biasanya breadcrumbs diletakan di atas title postingan blog sehingga mudah diketahui oleh pengunjung atau pembaca postingan blog.

Sebenarnya saya sendiri sudah memasang breadcrumbs dengan cara pertama, namun sekarang saya telah menggantinya dengan Breadcrumbs V2 ini.

Cara Membuat Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google V2 sangat mudah, silahkan masuk ke dashboard blog Anda >> Template >> Edit HTML >> centang Expand Widget Templates. Namun untuk menjaga terjadi kesalahan, alangkah baiknya Anda back up dulu templatenya sehingga apabila terjadi kesalahan dapat kembali ke template sebelumnya.

Kemudian cari kode ]]></b:skin> Gunakan CTRL + F pada keyboard untuk memudahkan pencarian. Setelah ketemu silahkan copy kode di bawah ini SEBELUM / DI ATAS kode tadi.

.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:95%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #ccc;}

Kemudian cari kode <b:includable id='main' var='top'> dan ganti dengan kode di bawah ini.

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<!-- breadcrumb for the post page -->
<b:loop values='data:posts' var='post'>
<b:if cond='data:post.labels'>
<div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'>
<span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span>
</b:loop>
&#187; <span><data:post.title/></span>
</div>
<b:else/>
<div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div>
</b:if>
</b:loop>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. -->
<div class='breadcrumbs'>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span>
</div>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<div class='breadcrumbs'>
<b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span>
<b:else/>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span>
</b:if>
</div>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:includable>
<b:includable id='main' var='top'>
<b:include data='posts' name='breadcrumb'/>

Setelah itu silahkan Anda save templatenya dan coba cek di Google Rich Snippets Testing Tools . Silahkan coba masukan salah satu url postingan blog Anda yang memiliki label lebih dari satu pada kotak yang disediakan. Apabila penempatannya benar, maka penampakannya akan seperti gambar di bawah ini.


Namun perubahan ini tidak dapat langsung tampil di hasil pencarian Google untuk postingan yang kita terbitkan sebelum kita membuat breadcrumbs ini, kita harus menunggu karena Google memerlukan waktu untuk menampilkannya. Untuk postingan yang kita terbitkan setelah kita Membuat  Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google V2 ini, maka Google akan langsung menampilkan breadcrumbs-nya.

Dan apabila Anda sudah memasang kode breadcrumbs lain namun masih belum terindeks Google, atau mungkin hanya menampilkan satu label saja, silahkan hapus kodenya dan ganti dengan kode di atas agar semua label terindeks dan tampil di hasil pencarian Google.

Demikian saja postingan Membuat  Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google V2 ini mudah-mudahan dapat dimengerti dan bermanfaat....

noreply@blogger.com (Winkom) 26 Nov, 2012


-
Source: http://winkom.blogspot.com/2012/11/membuat-breadcrumbs-di-blogger-agar.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

 
Design by Yuza Cheater | Bloggerized by Free Blogger Templates | Info Terlaris